Author Archives: lp3mbaru

  • 0
aima metro

LP3M Unila adakan Pelatihan AIMA bagi dosen PT Dharma Wacana

Category : PPM

aima metro 1


(Unila, lP3M)
Pusat Penjaminan Mutu Universitas Lampung memberikan Pelatihan Auditor Internal Akademik (AIMA) bagi dua belas pegawai Perguruan Tinggi Dharma Wacana Metro. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari terhitung pada hari senin tanggal 15 Mei 2017 hingga berakhir pada Kamis, 18 Mei 2017. Ke-dua belas peserta pelatihan audit internal ini berasal dari empat sekolah tinggi yang berbeda dibawah naungan Yayasan dharma Wacana. Keempat sekolah tinggi tersebut adalah STMIK, STIPER, STISIPOL, dan AKPER Dharma Wacana. Kegitan ini dibuka oleh ketua LP3M, Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si.

 

Dalam sambutannya, Murhadi menyampaikan bahwa pada hakikatnya tujuan Audit mutu internal bukan untuk mencari-cari kesalahan pihak teraudit, namun untuk mencocokan kesesuaian antara standar pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh PT dengan kenyataannya di lapangan, dan dimaksudkan pula untuk mencari peluang-peluang bagi peningkatan mutu internal masing-masing program studi.

 

Bertempat di Ruang rapat LP3M Universitas Lampung, Pelatihan Auditor Internal Mutu Akademik berjalan lancar and penuh antusias. Peserta pelatihan mendapatkan materi Audit Internal dari tujuh narasumber LP3M Unila. Materi yang disampaikan mencakup Sistem Penjaminan Mutu PT & Implementasinya, Prinsip dan Hakekat Audit Internal, Audit Laboratorium Bermutu, Audit GPPMP, Latihan Audit PS Bermutu, dan Latihan Audit. Harapannya, setelah mengikuti program pelatihan AIMA peserta mampu memahami manajemen audit internal, teknik audit mutu akademik internal, serta teknik audit Internal kinerja PS D3, S1, dan S2, laboratorium bermutu,  dan perkuliahan bermutu, melaksanakan audit internal akademik, dan mampu melakukan  analisis hasil audit dan menulis laporan audit internal. Kegiatan ini diawali dengan Pre-test yang dilakukan pada hari pertama post-test pada hari terakhir. Sama seperti kegiatn sebelumnya, pre-test dan post-test dilakukan untuk mengukur sejauh mana peserta memiliki peningkatan pada pelatihan AIMA. Keenam materi tersebut dibalut dengan praktik audit secara intensif. Bentuk contoh keintensivitas itu dilakukan dengan melakukan praktik audit secara langsung terhadap program studi sarjana, pasca sarjana, dan laboratorium. Ketiga simulasi audit tersebut dilaksanakan pada Labrotarium Fisika, Program Studi Hubungan Internasional, dan Pascasarjana teknik Mesin. (@primadifadhil)

 

 

 


  • 0
Unila Hibah LP3M

Perpanjangan Waktu Penerimaan Proposal Hibah PS dan LAB

Category : PPM

Yth: Dekan Fakultas/Direktur Pascasarjana UniversitasLampung

Dengan hormat, kami sampaikan bahwa Pusat Penjaminan Mutu (PPM) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung pada tahun 2017 memberikan perpanjangan waktu penerimaan Usulan Hibah Peningkatan Mutu Program Studi dan Laboratorium sampai dengan Hari Selasa, 30 Mei 2017 pukul 16.00 WIB.

Demikian, Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Download  Panduan :  here


  • 0
HIBAH

Penerimaan Usulan Hibah Peningkatan Mutu Program Studi dan Laboratorium Tahun 2017

Category : LP3M

 

Nomor            : 72/UN26.22.02/DT/2017                                                              28 April 2017
Lampiran       : 1 (satu) berkas

Hal                 : Penerimaan Usulan Hibah Peningkatan Mutu Program Studi dan Laboratorium Tahun 2017

 

Yth:

Dekan Fakultas/Direktur Pascasarjana Universitas Lampung

Dengan hormat, kami sampaikan bahwa Pusat Penjaminan Mutu (PPM) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung pada tahun 2017 memberikan kesempatan bagi program studi dan atau laboratorium untuk mengikuti hibah peningkatan mutu. Program hibah ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kinerja program studi dan laboratorium di Universitas Lampung dengan peningkatan mutu Standar Nasional Pendidikan Tinggi di program studi dan laboratorium yang memenuhi standar baku kinerja akademik dan administratif.

Berkenaan dengan hal tersebut, mohon bantuan Bapak untuk menyampaikan ke unit kerja terkait masing-masing agar dapat mengusulkan hibah peningkatan mutu program studi dan laboratorium yang diadakan oleh LP3M Universitas Lampung pada tahun 2017.

Adapun ketentuan mengikuti hibah ini sebagai berikut:

  1. peserta adalah program studi atau laboratorium;
  2. peserta belum pernah mengikuti kegiatan sejenis dalam 2 tahun terakhir;
  3. proposal hibah harus ditulis dalam Bahasa Indonesia;
  4. format proposal sesuai dengan ketentuan (terlampir);
  5. peserta (a) mengisi identitas diri; (b) mengirim softcopy proposal hibah ke email lp3m@kpa.unila.ac.id, (c) mengumpul hardcopy proposal ke LP3M sebanyak 3 (tiga) buah;

Perlu diinformasikan bahwa LP3M Universitas lampung tidak menanggung biaya pembuatan proposal hibah peningkatan mutu program studi dan laboratorium. Hibah peningkatan mutu program studi dan laboratorium  direncanakan untuk 6 (enam) program studi dan 6 (enam) laboratorium. Peserta mendaftarkan diri dan mengunggah proposal hibah selambat-lambatnya tanggal 19 Mei 2017 pukul 24.00 WIB. Sebanyak 12 proposal terbaik akan diundang untuk wawancara untuk mendapatkan 6 proposal yang didanani. Wawancara dilakukan pada 31 Mei 2017 selama 15 menit. Peserta yang lolos seleksi akan diumumkan di http://lp3m.unila.ac.id. pada 2 Juni 2017. Masing-masing pemenang hibah peningkatan mutu program studi akan mendapatkan Rp. 15.000.000 sedangkan pemenang hibah laboratorium akan memperoleh Rp. 7.500.000.

Demikian, Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Ketua,                                                                                              

Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si.
NIP. 19640326 198902 1 001

link download

here

download panduan hibah  here

Penerimaan Usulan Hibah Peningkatan Mutu Program Studi dan Laboratorium Tahun 2017

Penerimaan Usulan Hibah Peningkatan Mutu Program Studi dan Laboratorium Tahun 2017


  • 0
untad

Kunjungan Kerja Universitas Tadulako ke LP3M Unila

Category : PPM

(Bandar Lampung-LP3M Unila). Anggota Tim Penjaminan Mutu Universitas Tadulako melakukan kunjungan kerja ke LP3M Universitas Lampung, Kamis 27 April 2017. Kunjungan ini diwakili seorang diri oleh Dr. Rudy Usman, anggota pusat Penjaminan Mutu Pendidikan, Lembaga Pengembangan Mutu Pendidikan (LPMP) Universitas Tadulako. Rudy Usman disambut oleh seluruh jjaran anggota LP3M Unila yang saat ini diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si. Predikat A yang disandang Unila menjadi dasar alasan kunjungan kerja LPMP Untad.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan mutu akademik Universitas Tadulako atas raihan mutu akademik yang ada di Universitas Lampung. Selain itu, tukar pendapat dan unjuk SOP penjaminan mutu masing masing universitas pun dilakukan dalam kunjungan ini. Dilansir dari Rudy Usman, Universitas TAdulako mengirimkan tiga orang tenaga Penjamin Mutu untuk menimba ilmu ke tiga universitas yang berbeda, salah satunya adalah Universitas Lampung. Hal ini dilakukan sebagai percepatan peningkatan mutu akademik Universitas Tadulako.

Anggota Tim Penjaminan Mutu Universitas TAdulako lakukan Kunjungan Kerja ke LP3M Unila

Anggota Tim Penjaminan Mutu Universitas TAdulako lakukan Kunjungan Kerja ke LP3M Unila


  • 0
Audit Internal Mutu Akademik 2017

Unila Gelar Pelatihan Auditor Internal Mutu Akademik Tahun 2017

Category : PPM

Bandar Lampung – Lembaga Pengembangan Pembelajaran Universitas Lampung menggelar pelatihan Auditor Internal Mutu Akademik Selama 4 hari (AIMA)(3-6/04/2017). Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Hasriadi Mat Akin, M.P.

“Read More”

  • 0
weboke Fahmi

PPM adakan Pelatihan Evaluasi Perkuliahan Online

Category : PPM

(LP3M Unila) Bertempat di Ruang Sidang Rektorat Lt. 2, Pusat Penjaminan Mutu (PPM) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Lampung (LP3M) adakan Pelatihan Analisis Data Evaluasi Perkuliahan Menurut Persepsi Mahasiswa Online. Sebanyak 145 peserta perwakilan jurusan, program studi, dan fakultas hadir memenuhi ruangan sidang. (29/03/2017).

“Read More”

  • 0

UNILA Terakreditasi A

Category : LP3M

IMG_5459

Kuliah umum dalam rangka perolehan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor: 2982 SK BAN-PT Akred XII 2016. d1 Gedung Serbaguna (GSG) Unlla. Jumat (3/3).

Acara tersebut turut dihadiri oleh Direktur Kelembagaan Tinggi Kemementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Toto Prasetyo. sekaligus menyerahkan sertifikat akreditasi. Toto menyebutkan bahwa Unila saat ini berada di peringkat 18 perguruan tinggi (PT) terbaik versi Kemementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Serta merupakan 50 PT Peraih Akreditasi A dan nomor 4.490 perguruan yang ada di lndonesia. Toto menjelaskan poin yang diraih adalah 361 dari sebelumnya 357. Dia berharap Unila terus meningkatkan kualitasnya dan mempertahankan akreditasi A yang memang tiap tahun akan dievaluasi kendati akreditasi A tersebut berlaku selama lima tahun.

“Unila dapat nilai 361 dari 400, walau enggak ada yang dapat segitu. dan 2017 data Unila naik ke peringkat 18, mudah-mudahan terus dijaga, serta kualitas harus terus ditingkatkan” ujar dia. kepada awak media saat membenkan sambutan dan juga kuliah umum di GSG Unila.

Toto iuga mengapresiasi langkah kampus hijau yang bertransformasi dari teaching university menjadi research university agar jumlah karya ilmiah Unila terus bertambah. Selain itu, diharapkan Unila terus berbenah guna menambah jumlah prodi yang terakreditasi A. Sehingga dapat mencerminkan sebuah institusi berakreditasi tinggi.

Unila juga harus terus berupaya agar akreditasinya meningkat menjadi akreditai , tidak puas hanya dengan akreditasi A. “Unila jangan puas dan harus terus berupaya. Kalau sudah A, ya ditingkatkan jadi akreditasi internasional dong. Diperbanyak juga akreditasi A prodinya, dari total 25 ribu program studi di Indonesia, baru ada 6000 yang terakreduasi d1 Indonesia” ujarnya.


  • 0
Pelatihan PEKERTI dosen ITERA

22 Dosen Institut Teknologi Sumatera ikuti PEKERTI di Unila

Category : PKPP

IMG_1991

[lp3m.unila.ac.id,12/09/2016] Sebanyak 22 dosen Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengikuti Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) di Gedung Rektorat Unila Lantai IV, mulai Senin (05/09) hingga Jumat (09/09). Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kemampuan para peserta mengenai proses pembelajaran.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Ketua LP3M Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si. Bertindak sebagai pemateri adalah para dosen Unila yang selama ini memang ahli bertindak sebagai pengajar Pekerti.

Adapun metode pembelajaran yang ditekankan untuk dipelajari adalah mengenai student centered learning, bukan lagi teacher centered learning. Selain itu, dalam pelatihan ini para peserta diberikan pemahaman mengenai penyusunan Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS).

Di akhir kegiatan, para peserta pun diharuskan melakukan praktik mengajar dalam bentuk micro teaching. “Micro teaching berdasarkan RPKPS,” ujar Prof. Murhadi.


  • 0

  • 0

Ketua LP3M

Sekretaris LP3M

adidas eqt support ultra primeknit vintage white coming soon adidas eqt support ultra boost primeknit adidas eqt support ultra pk vintage white available now adidas eqt support ultra primeknit vintage white sz adidas eqt support ultra boost primeknit adidas eqt adv support primeknit adidas eqt support ultra boost turbo red white adidas eqt support ultra boost turbo red white adidas eqt support ultra boost turbo red adidas eqt support ultra whiteturbo adidas eqt support ultra boost off white more images adidas eqt support ultra boost white tactile green adidas eqt support ultra boost beige adidas eqt support ultra boost beige adidas eqt support refined camo drop adidas eqt support refined camo drop adidas eqt support refined running whitecamo adidas eqt support 93 primeknit og colorway ba7506 adidas eqt running support 93 adidas eqt support 93