Category Archives: LP3M

BIMBINGAN TEKNIS MONEV PT ASUH 2018

Category : LP3M , PPM , PT ASUH

Reviewer Program Asuh Perguruan Tinggi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Hisar Siraid mengatakan Program Asuh Menuju Prodi Unggul Tahun 2018 pada lima Perguruan Tinggi (PT) yang menjadi asuhan Universitas Lampung untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

Menurutnya, dalam pengasuhan, antara PT pengasuh dan yang diasuh, harus sama-sama berkomitmen dalam membangun serta meningkatkan kebutuhan PT serta sumber daya manusia, guna keberlangsungan program yang diharapakan.

“Program asuh merupakan meningkatkan mutu pendidikan pada program studi di PT. Seperti, prodi terakreditasi C, melalui program asuh diharapakan meningkat menjadi B atau A,” ujar dia pada Bimbingan Teknis, Monitoring, dan Evaluasi Program Asuh Menuju Prodi Unggul Tahun 2018, di lantai II gedung Rektorat Universitas Lampung, Jumat (28/9/2018).

Ia mengatakan, pada program asuh semua pihak di PT harus terlibat mulai dari Rektor hingga jajaran yang terlibat dalam program asuh. Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk mendorong upaya keberhasilan program asuh sesuai yang diharapkan.

“Keterlibatan pimpinan di PT sangat penting karena mampu menularkan semangat dalam upaya mencapai keberhasilan. Pada program asuh PT pengasuh dan diasuh harus bersinergi dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi,” kata dia.

Untuk diketahui, pada 2018 melalui Program Asuh Menuju Prodi Unggul Tahun 2018, Unila mengasuh lima PT didua Provinsi. PT di Lampung yaitu Universitas Tulang Bawang, Universitas Megou Pak, Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, sedangkan PT di Nusa Tenggara Barat. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima.[Unila di media]

sumber berita: http://www.lampost.co/berita-program-asuh-tingkatkan-mutu-perguruan-tinggi.html


Deskripsi tugas dan Fungsi Bendahara Pembantu Pengeluaran (BPP)

Category : LP3M

Bendahara Pembantu Pengeluaran (BPP) bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas-tugas antara lain:

  1. Membantu membuat perencanaan anggaran berdasarkan kebutuhan dan alokasi dana yang ditetapkan;
  2. Mengurus pencairan anggaran;
  3. Melaksanakan administrasi keuangan;
  4. Melaksanakan pembayaran transaksi keuangan;
  5. Menjamin atas keamanan penyimpanan uang;
  6. Membuat daftar perjalanan dinas (SPJ) dan kontrak;
  7. Membantu pelayanan konsumsi rapat dan lain-lain.
  8. Membuat laporan keuangan secara online;
  9. Membuat laporan keuangan bulanan kepada Sekretaris dan Ketua LP3M;
  10. Bertanggung jawab kepada Ketua LP3M untuk aspek keuangan.

Deskripsi Tugas dan Fungsi Kepala Sub Bagian Umum

Category : LP3M

Kepala Sub-bagian Umum bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan tugas-tugas antara lain:

  1. Mengatur dan mengurus kerumahtanggaan yang meliputi kegiatan perlengkapan, pemeliharaan dan umum LP3M;
  2. Mengatur dan mengurus administrasi di bidang kepegawaian dan keuangan;
  3. Mengatur penggunaan kendaraan dinas dan barang inventaris lainnya;
  4. Menyusun rencana kebutuhan ATK, peralatan dan inventaris kantor;
  5. Menyusun rencana jadwal kegiatan LP3M;
  6. Memverifikasi surat masuk dan surat keluar;
  7. Memonitor tugas BPP dan staf pendukungnya;
  8. Mendistribusikan/membagi tugas kepada staf sesuai dengan bidangnya;
  9. Memonitor pelaksanaan pekerjaan  staf administrasi umum LP3M;
  10. Membantu pelaksanaan kegiatan pelatihan dan sejenisnya;
  11. Membuat laporan secara berkala kepada Pimpinan melalui Kabag TU;
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kabag Tata Usaha dan atau Sekretaris LP3M.

Unila adakan Pelatihan AA perdana tahun 2018

Category : LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Lampung (LP3M Unila) adakan pelatihan Applied Approach (AA) dalam rangka peningkatan kualitas dosen perguruan tinggi negeri khususnya dalam proses pembelajaran.
Ketua LP3M Unila Dr. Ir. Murhadi, M.Si., mengatakan, pelatihan ini akan digelar selama lima hari mulai 27 hingga 30 Agustus 2018 mendatang. Para peserta merupakan dosen senior yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan pekerti atau peningkatan keterampilan teknik instruksional.

Pelatihan bertajuk “Mengembangkan Profesionalisme Dosen dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran yang Powerfull (meaningfull, integrative, value-based, chalenging, and active)” ini diberikan kepada 30 dosen di lingkungan Unila. Para peserta berasal dari fakultas teknik, fakultas kedokteran, fakultas pertanian,fakultas ekonomi dan bisnis, FISIP, dan FKIP.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh LP3M Unila, Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si. ini dilangsungkan di Gedung Rektorat lantai IV. Dalam sambutannya rektor berpesan agar setiap peserta yang mengikuti pelatihan AA tersebut bisa mengimplementasikan pengetahuan yang didapat dalam bidang ilmunya masing-masing.

Selain itu, Murhadi juga berharap para dosen bisa menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi guna membangun komunikasi dengan mahasiswa maupun sesama sivitas akademika. “Kembangkan diri anda dan jaga selalu nama baik Unila,” ujarnya, Senin (27/08).

Selama beberapa hari para peserta akan mendapatkan serangkaian materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber. Antara lain materi tentang “Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran” yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., kemudian Dr. Bujang Rahman, M.S., dengan materi “Etika Moral dalam Pembelajaran”, Dr. Ir. Murhadi, M.Si., dengan materi “Manajemen Mutu Terpadu”, dan Dr. Een Y. Haenillah, M.Pd. dengan materi tentang “Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum”.


  • Enter your password to view comments.

Protected: Panduan Audit Internal 2018 Universitas Lampung

Category : LP3M

This content is password protected. To view it please enter your password below:


  • Enter your password to view comments.

Protected: Jadwal Pelaksanaan Audit Internal 2018

Category : LP3M

This content is password protected. To view it please enter your password below:


LP3M Unila Selenggarakan Pelatihan AIMA 2018 bagi Dosen Unila

Category : LP3M , PPM

(Bandar Lampung) Dalam rangka mengembangkan mutu akademik dan memenuhi kebutuhan Auditor Internal, Pusat Penjaminan Mutu (PPM) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Lampung menggelar Pelatihan Audit Internal Mutu Akademik  (AIMA) bagi 44 dosen Unila, Senin (14/5).

Dibuka oleh ketua LP3M, Prof. Dr. Ir Murhadi, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah menetapkan standar nasional pendidikan tinggi sebagai sebuah standar bagi setiap perguruan tinggi dalam penyelenggaran pendidikannya, dan LP3M lah yang menjadi pengendali mutu di Unila. Ia menambahkan bahwa kegiatan AIMA ini hanya bisa diselenggarakan oleh Unila untuk provinsi Lampung.

dasdasdas

Kegiatan yang diselenggarakan selama empat hari sejak tanggal 14 – 17 Mei 2018 ini dikuti oleh 44 peserta dari delapan fakultas dengan menghadirkan beberapa narasumber internal antara lain; Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si yang merupakan Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UniversitasLampung, juga Elida Purba, Ph.D. (Sekretaris LP3M), Teuku Fahmi, M.Krim, (Kepala Pusat Penjaminan Mutu LP3M), Dr. Eng. Endah Komalasari, (Kepala Bidang Monev & Audit Internal, PPM LP3M)  dan Priyambodo M.Sc. (Kepala Bidang Akreditasi Nasional & Internasional).

Pada dua hari pertama, pelatihan difokuskan pada penyampaian materi yang dilakukan pada Ruang Sidang 2 Lantai 4 Gedung Rektorat Unila. Adapun cakupan materi pelatihan AIMA IX meliputi kebijakan nasional tentang sistem penjaminan mutu perguruan tinggi, penjaminan mutu di Unila, manajemen dan teknik audit internal mutu akademik meliputi teknik audit internal kinerja PS D3, S1, dan S2, pengelolaan laboratorium bermutu, perkuliahan bermutu, teknik analisis hasil audit, dan teknik pelaporan audit Internal.

IMG_8672_1024x683 IMG_8719_1024x683 IMG_8721_1024x683 IMG_8777_1024x683

Pada hari ketiga, seluruh peserta pelatihan melakukan praktik audit atau asessmen lapang. Dalam hal ini, 44 peserta dibagi menjadi enam kelompok yang selanjutnya akan melakukan audit pada enam program studi. Pada tataran teknis praktik audit, tiap kelompok tersebut  juga didampingi oleh observer yang melakukan pengamatan setiap aktivitas audit. Berdasarkan hasil praktik audit, beragam temuan yang didapatkan tersebut untuk selanjutnya menjadi bahan presentasi kelompok dan laporan mandiri tiap peserta.

32748719_1890486587648604_9020964156773236736_o


PKPP LP3M Unila adakan Pelatihan Multimedia

Category : LP3M , PKPP

Bandar Lampung – 17/05/2018. Metode pembelajaran perguruan tinggi yang dicanangkan pemerintah melalui Dikti tidak lagi berpusat pada dosen melainkan lebih berpusat pada mahasiswa atau Student Centered Learning (SCL). Kemandirian peserta didik menjadi sesuatu yang utama sehingga harus dirancang perangkat bantu yang akan dipakai sebagai alat dalam mencapai tujuan berupa perangkat pembelajaran berbasis Multimedia. Oleh karena itu Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran (PKPP) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) menyelenggarakan “Pelatihan Multimedia Bagi Dosen Universitas Lampung”. Pelatihan ini diselenggarakan selama tiga hari, Selasa-Kamis (15-17/5) di ruang kegiatan gedung rektorat lt.4 Universitas Lampung. Kegiatan ini diikuti oleh 31 peserta yang merupakan dosen dari delapan fakultas yang ada di Universitas Lampung.

multimediaaa

Pada pembukaan, kegiatan ini diresmikan oleh Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P. Dalam sambutannya ia menyampaikan pentingnya kemampuan digital dalam menunjang pembelajaran sebagai satu sarana meningkatkan kualitas pembelajaran.


Partisipasi aktif LP3M Unila dalam FPM BKS PTN-BARAT di IPB Bogor

Category : LP3M

Forum Penjaminan Mutu (FPM) Badan Kerja Sama (BKS) PTN-Barat menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) FPM BKS PTN-Barat, 4-5 Mei 2018 di Kampus IPB Dramaga Bogor. Rakor kali ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan tahun lalu yang dilaksanakan pada 25-26 Agustus 2017 di Bukit Randu Kota Bandar Lampung. Pada 2017 lalu, Unila yang menjadi penyelenggara untuk pertemuan tahunan penjaminan mutu tersebut. Adapun tema yang diangkat untuk Rakor kali ini ialah Implementasi SPMI menuju Internasionalisasi Perguruan Tinggi. Dalam event tersebut, LP3M Unila mengutus tiga orang untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan dua hari tsb, yakni Murhadi (Ketua LP3M), Elida Purba (Sekretaris LP3M), dan Teuku Fahmi (Kepala Pusat Penjaminan Mutu LP3M).

Agenda rakor menitiktekankan pada 3 (tiga) bahasan, yakni paparan materi perihal sosialisasi kebijakan dan strategi PT dalam penguatan implementasi SPMI menuju internasionalisasi, sharing implemantasi SPMI, dan pemilihan ketua FPM BKS PTN-Barat serta penyusunan program kerja FPM BKS PTN-Barat 2018. Dalam hal ini, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria, membuka rakor secara resmi. Adapun paparan materi disampaikan oleh Syahrul Aminullah (selaku Kepala Sub Direktorat Pengembangan Sistem Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti) yang memaparkan tentang kebijakan sistem penjaminan mutu internal & strategi menuju prodi unggul dan internasional serta materi lanjutan disampaikan oleh M. Faiz Syuaib (internal IPB) yang membahas perihal peningkatan reputasi program studi melalui akreditasi (berstandar) “internasional”. Untuk pemilihan ketua FPM BKS PTN-Barat, Murhadi (selaku Ketua LP3M Unila) yang merupakan Ketua FPM BKS PTN-Barat periode 2014-2016, digantikan oleh Ibnul Qayim (selaku Kepala Kantor Manajemen Mutu & Audit Internal IPB) untuk periode 2018-2020.

Galeri dokumentasi kegiatan

????

????

????

????

????



Ketua LP3M

Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si

Sekretaris LP3M

Assoc. Prof. Elida Purba, Ph.D.
Help-Desk