Monthly Archives: September 2016

Deskripsi tugas dan Fungsi Administrasi Umum, Program, Informasi, Perlengkapan, dan Dokumen

Category : LP3M

Bagian Administrasi Umum, Program, Informasi, Perlengkapan, dan Dokumen bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan tugas-tugas antara lain:

  1. Menyiapkan dan membuat SK Kegiatan terkait surat tugas untuk semua program dan kegiatan di LP3M pada tahun anggaran berjalan;
  2. Membantu pembuatan kontrak kerja dana BLU/BOPTN dan dana Hibah lainnya;
  3. Membantu menyusun proposal dan TOR/KAK dan dokumen pendukungnya untuk kegiatan LP3M sesuai dengan petunjuk pimpinan LP3M;
  4. Membantu dan melayani seluruh program kerja LP3M sesuai dengan disposisi Pimpinan dan Kepala Pusat LP3M dalam bidang administrasi umum;
  5. Mendistribusikan surat-surat kepada pimpinan sesuai dengan disposisi surat;
  6. Bertugas mengumpulkan dan mengolah data hasil kegiatan LP3M;
  7. Rekapitulasi lembar penilaian pelatihan dan kuesioner kegiatan LP3M;
  8. Melakukan pemeliharaan, pengamanan, perawatan peralatan kantor dan elektronik, serta  jaringan komputer dan internet;
  9. Memproses pelaksanaan administrasi penulisan modul/ Buku ajar dan PHKI;
  10. Pelaksanakan administrasi distribusi dan ekspedisi surat masuk dan keluar yang meliputi: kegiatan penerimaan, pengiriman (ekspidisi), pengarahan, pengolahan dan penyimpanan warkat (arsiparis);
  11. Membantu menyiapkan ruangan dan kebutuhan pelaksanaan seminar, lokakarya, pendidikan dan pelatihan;
  12. Melaksanakan kebersihan ruangan, membuat minuman dan menyiapkan konsumsi, serta membantu pengamanan peralatan kantor di lingkungan LP3M.
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain sesuai perintah atasan langsung atau pimpinan LP3M.

Deskripsi tugas dan Fungsi Pembantu BPP

Category : LP3M

Pembantu BPP bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan tugas-tugas antara lain:

  1. Melaksanakan administrasi daftar hadir kegiatan LP3M;
  2. Membantu menyiapkan minuman, konsumsi rapat, dan lain-lain;
  3. Membuat rincian pertanggungjawaban anggaran Dana Rutin  Kegiatan LP3M dan menyimpannya;
  4. Mengarsip daftar barang habis pakai untuk LP3M;
  5. Membantu pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan LP3M;
  6. Membantu bagian keuangan dalam pengetikan, kwitansi SPJ rutin/kegiatan, honorarium, insentive, lembur dan pengajuan anggaran rutin;
  7. Membuat laporan SPJ rutin dan laporan SPJ kegiatan;
  8. Membuat RAB Persediaan, rutin dan kegiatan;
  9. Mencatat BKU, Buku Besar dan Pajak.

Deskripsi tugas dan Fungsi Kepala Sub Bagian Program dan Informasi

Category : LP3M

Kepala Sub-bagian Program dan Informasi bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan tugas-tugas antara lain:

  1. Mengatur dan mengurus administrasi di bidang program dan informasi LP3M;
  2. Menyusun rencana, program, dan kegiatan serta penumpulan, pengolahan dan layanan data dan informasi LP3M, berdasarkan masukan dari Ketua, Sekretaris, Kepala PPP, Kepala PMKU, dan Kepala PPM;
  3. Menyusun dan merencanakan anggaran untuk operasional kegiatan LP3M baik dari dana PNBP (BLU) maupun APBN (BOPTN);
  4. Memantau dan mengarahkan tugas staf administrasi, program dan informasi.
  5. Mendistribusikan/membagi tugas kepada staf sesuai dengan bidangnya;
  6. Memonitor pelaksanaan pekerjaan  staf administrasi program dan informasi LP3M;
  7. Membantu pelaksanaan kegiatan pelatihan dan sejenisnya;
  8. Membuat laporan secara berkala kepada Pimpinan melalui Kabag TU;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kabag Tata Usaha dan atau Sekretaris LP3M.

Deskripsi Tugas dan Fungsi Kepala Bagian Tata Usaha

Category : LP3M

Kepala Bagian Tata Usaha bertanggung jawab untuk melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga LP3M, antara lain:

  1. Penanggung jawab atas kelancaran ketatausahaan LP3M;
  2. Mengatur dan melaksanakan administrasi di bidang perencanaan, ketatalaksanaan, ketatausahaan, kerumahtanggaan, perlengkapan, kepegawaian dan keuangan serta menyusun data dan informasi pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu;
  3. Membagi dan mendistribusikan tugas-tugas ke dua Kasubbag di LP3M serta memberikan sosialisasi dan pengarahan tentang program kerja kepada dua Kasubbag dan staf;
  4. Mengkoordinasikan, memantau dan mengevaluasi tugas/pekerjaan yang diberikan kepada dua Kasubbag.;
  5. Berkoordinasi dengan Ketua, Sekretaris dan Kapus dalam rangka kelancaran program dan kegiatan LP3M;
  6. Berkoordinasi dengan fakultas/unit kerja yang berkaitan dengan kegiatan LP3M;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan;
  8. Membuat laporan secara berkala dan bertanggungjawab kepada Ketua melalui Sekretaris LP3M.

Deskripsi tugas dan fungsi Kepala Pusat Penjaminan Mutu (PPM)

Category : LP3M

Kepala PPM bertugas melaksanakan kegiatan pengembangan penjaminan mutu dan melakukan koordinasi serta memantau terlaksananya semua proses program dan kegiatan pengkajian serta pengembangan penjaminan mutu di Unila terutama terkait dengan pengembangan sistem penjaminan mutu, audit internal, dan akselerasi akreditasi nasional dan internasional di Unila.  Selain itu juga, tugas dan fungsi kepala PPM adalah:

  1. Menyusun program dan kegiatan di bidang-bidang terkait dengan PPM;
  2. Bersama staf dosen melaksanakan program dan kegiatan yang dibantu oleh Kabag TU, 2 Kasubbag dan staf administrasi;
  3. Memberikan sosialisasi dan pengarahan tentang program dan kegiatan kepada  staf;
  4. Memberikan jadwal waktu kepada staf dalam pelaksanaan program dan kegiatan;
  5. Melakukan kontrol, evaluasi, pengarahan dan bantuan teknis kepada Kabag TU, 2 Kasubbag dan staf administrasi dalam menjalankan tugas;
  6. Melakukan hubungan koordinasi dengan unit kerja terkait dalam pelaksanaan program dan kegiatan;
  7. Melakukan pengkajian PPM;
  8. Menyebarluaskan Informasi yang berhubungan dengan hasil program dan kegiatan;
  9. Menyusun Laporan program dan kegiatan;
  10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Pimpinan;
  11. Bertanggung jawab kepada Ketua  LP3M.

Deskripsi tugas dan Fungsi Kepala Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran (PKPP)

Category : LP3M

Kepala PKPP memiliki tugas dan fungsi melaksanakan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan penyusunan panduan kurikulum, pelaksanaan monev dalam rangka implementasi kurikulum, pengkajian/pengembangan pembelajaran aktif, e-learning dan inovasi pembelajaran dan koordinasi serta pemantauan atas pelaksanan semua proses kegiatan kurikulum pengkajian dan pengembangan  pembelajaran di Unila.  Selain itu juga, tugas dan fungsi PKPP adalah:

  1. Menyusun program dan kegiatan di bidang-bidang terkait dengan PKPP;
  2. Bersama staf dosen melaksanakan program dan kegiatan yang dibantu oleh Kabag TU, 2 Kasubbag dan staf administrasi;
  3. Memberikan sosialisasi dan pengarahan tentang program dan kegiatan kepada  staf;
  4. Memberikan jadwal waktu kepada staf dalam pelaksanaan program dan kegiatan;
  5. Melakukan kontrol, evaluasi, pengarahan dan bantuan teknis kepada Kabag TU, 2 Kasubbag dan staf administrasi dalam menjalankan tugas;
  6. Melakukan hubungan koordinasi dengan unit kerja terkait dalam pelaksanaan program dan kegiatan;
  7. Melakukan pengkajian kurikulum;
  8. Menyebarluaskan Informasi yang berhubungan dengan hasil program dan kegiatan;
  9. Menyusun laporan program dan kegiatan;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Pimpinan;
  11. Bertanggung jawab kepada Ketua  LP3M.

Tugas dan Fungsi Sekretaris LP3M Sebagai Manager Representative (MR)

Category : LP3M

Sekretaris LP3M disebut juga manager representative, yang memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut:

  1. Membantu Ketua LP3M dalam perencanaan, koordinasi, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan berikut anggarannya;
  2. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan surat-menyurat yang berkaitan dengan LP3M dan pengarsipannya;
  3. Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan hasil agenda rapat rutin, rapat koordinasi dan rapat evaluasi kegiatan;
  4. Membantu menyusun konsep laporan kegiatan setiap semester;
  5. Melaksanakan monev sistem dan kepatuhan;
  6. Mengembangkan sistem reward dan early warning system;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Pimpinan;
  8. Bertanggung jawab kepada Ketua LP3M.

Ketua LP3M

Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si

Sekretaris LP3M

Assoc. Prof. Elida Purba, Ph.D.
Help-Desk