Unila Gelar Pelatihan Auditor Internal Mutu Akademik Tahun 2017

Unila Gelar Pelatihan Auditor Internal Mutu Akademik Tahun 2017

Category : PPM

Bandar Lampung – Lembaga Pengembangan Pembelajaran Universitas Lampung menggelar pelatihan Auditor Internal Mutu Akademik Selama 4 hari (AIMA)(3-6/04/2017). Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Hasriadi Mat Akin, M.P.

AIMA merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Pusat Penjaminan Mutu Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Lampung. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu perkuliahan dan manajemen akademik peruruan tinggi dengena menelurkan auditor yang handal dan berkualitas.

 

‘’Kami berharap pelatihan ini bisa mempercepat proses akreditasi program studi dan jurusan sehingga kampus dapat lebih siap menghadapi persaingan global,’’ tandas Hasriadi Mat Akin pada pembukaan.

Pelatihan selama tiga hari (3-6/4) dinarsumberi oleh lima orang ahli dari dalam kampus yaitu, Prof. Dr. Ir Murhadi, M.Si., Ellida Purba, Ph.D., Ir. Idalina Harris, M.S., Dr. Endah Komalasari, S.T.,M.T., dan Sutikno, Ph.D. Materi yang disampaikan pada kegiatan ini meliputi kebijakan nasional tentang sistem penjaminan mutu perguruan tinggi, penjaminan mutu di Unila, manajemen dan teknik audit internal mutu akademik meliputi teknik audit internal kinerja PS D3, S1, dan S2, pengelolaan laboratorium bermutu,  perkuliahan bermutu, teknik analisis hasil audit, dan teknik pelaporan audit Internal.

 

Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk melatih dosen di lingkungan Unila untuk menjadi auditor internal tingkat Program Studi (PS) dan tingkat fakultas; mengader auditor internal baru untuk meningkatkan mutu PS menuju akreditasi prima; Menjaring masukan dari peserta pelatihan dalam penyempurnaan Panduan Penjaminan Mutu Proses Pembelajaran, Panduan Pengelolaan Laboratorium Bermutu, dan Borang Kinerja PS. Untuk mewujudkan hal tersebut, panitia pelaksana pelatihan AIMA telah membagi kegiatan kedalam tiga tahap berbeda yaitu;  ceramah dan diskusi di kelas, praktek audit dan presentasi hasil praktek audit, dan tugas mandiri berupa laporan hasil presentasi yang telah direvisi berdasarkan masukan pada kegiatan presentasi hasil visitasi.

 AIMA Unila

Murhadi, dalam materinya menjelaskan bahwa pelatihan AIMA sangat penting bagi perguruan tinggi karena melalui AIMA dapat diketahui program apa saja yang telah dilakukan perguruan tinggi selama satu semester satu kali. Bisa pula diketahui kekuatan dan kelemahan perguruan tinggi mulai dari input hingga output. Menurutnya, apabila setiap perguruan tinggi memiliki auditor yang berkualitas dan memadai akan bisa meningkatkan mutu asal dilakukan dengan baik dan kontinyu. DItambah, saat ini Unila telah melaksanakan manajemen berbasis ISO.

 

Pengalaman dari pelatihan ini akan menjadi modal memperbaiki mutu di fakultas, jurusan, maupun program studi masing-masing peserta. Mereka bisa saling bertukar pikiran dan menemukan solusi yang tepat guna mewujudkan kualitas akademik yang baik. (@primadifadhil)


Leave a Reply

Ketua LP3M

Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si

Sekretaris LP3M

Assoc. Prof. Elida Purba, Ph.D.
Help-Desk