LP3M Unila adakan Pelatihan AIMA bagi dosen PT Dharma Wacana

LP3M Unila adakan Pelatihan AIMA bagi dosen PT Dharma Wacana

Category : PPM

aima metro 1


(Unila, lP3M)
Pusat Penjaminan Mutu Universitas Lampung memberikan Pelatihan Auditor Internal Akademik (AIMA) bagi dua belas pegawai Perguruan Tinggi Dharma Wacana Metro. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari terhitung pada hari senin tanggal 15 Mei 2017 hingga berakhir pada Kamis, 18 Mei 2017. Ke-dua belas peserta pelatihan audit internal ini berasal dari empat sekolah tinggi yang berbeda dibawah naungan Yayasan dharma Wacana. Keempat sekolah tinggi tersebut adalah STMIK, STIPER, STISIPOL, dan AKPER Dharma Wacana. Kegitan ini dibuka oleh ketua LP3M, Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si.

 

Dalam sambutannya, Murhadi menyampaikan bahwa pada hakikatnya tujuan Audit mutu internal bukan untuk mencari-cari kesalahan pihak teraudit, namun untuk mencocokan kesesuaian antara standar pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh PT dengan kenyataannya di lapangan, dan dimaksudkan pula untuk mencari peluang-peluang bagi peningkatan mutu internal masing-masing program studi.

 

Bertempat di Ruang rapat LP3M Universitas Lampung, Pelatihan Auditor Internal Mutu Akademik berjalan lancar and penuh antusias. Peserta pelatihan mendapatkan materi Audit Internal dari tujuh narasumber LP3M Unila. Materi yang disampaikan mencakup Sistem Penjaminan Mutu PT & Implementasinya, Prinsip dan Hakekat Audit Internal, Audit Laboratorium Bermutu, Audit GPPMP, Latihan Audit PS Bermutu, dan Latihan Audit. Harapannya, setelah mengikuti program pelatihan AIMA peserta mampu memahami manajemen audit internal, teknik audit mutu akademik internal, serta teknik audit Internal kinerja PS D3, S1, dan S2, laboratorium bermutu,  dan perkuliahan bermutu, melaksanakan audit internal akademik, dan mampu melakukan  analisis hasil audit dan menulis laporan audit internal. Kegiatan ini diawali dengan Pre-test yang dilakukan pada hari pertama post-test pada hari terakhir. Sama seperti kegiatn sebelumnya, pre-test dan post-test dilakukan untuk mengukur sejauh mana peserta memiliki peningkatan pada pelatihan AIMA. Keenam materi tersebut dibalut dengan praktik audit secara intensif. Bentuk contoh keintensivitas itu dilakukan dengan melakukan praktik audit secara langsung terhadap program studi sarjana, pasca sarjana, dan laboratorium. Ketiga simulasi audit tersebut dilaksanakan pada Labrotarium Fisika, Program Studi Hubungan Internasional, dan Pascasarjana teknik Mesin. (@primadifadhil)

 

 

 


Leave a Reply

Ketua LP3M

Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si

Sekretaris LP3M

Assoc. Prof. Elida Purba, Ph.D.
Help-Desk