LP3M Unila adakan ToT Pelaksanaan Perkuliahan Berbasis E-Learning

LP3M Unila adakan ToT Pelaksanaan Perkuliahan Berbasis E-Learning

Category : PKPP

(LP3MUnila) Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung mengadakan Training of Trainer Pelaksanaan Perkuliahan Berbasis E-Learning pada tanggal 21 sampai dengan 24 Agustus 2017. Kegiatan ini disesaki oleh 36 orang yang berasal dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Lampung.

 

Bertempat di Ruang Sidang lantai 4, kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P. dalam sambutannya, Rektor unila menyampaikan bahwa sistem e-Learning adalah sistem pembelajaran era digital yang sudah seharusnya dikembangkan secara serius di perguruan tinggi untuk mengantisipasi perkembangan era Teknologi Informasi yang sangat pesat. Mengantisipasi kebutuhan pemanfaatan sistem e-Learning di dunia kampus. maka sosialisasi pemanfaatan dan pengembangannya menjadi hal penting untuk dikuasai khususnya oleh para dosen. (red).

 

Dr. Pujiati, M.Pd., Kepala Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran (PKPP) LP3M melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan “pembumian” E- Learning di KAmpus Universitas Lampung pada tahun 2017. Dikutip dari panduan kegiatan, Kepala Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran LP3M Unila menyampaikan bahwa E -Learning adalah proses pembelajaran yang meinanfaatkan teknologi IT (information and Technology) yang memberikan solusi dalam mengatasi masalah ruang dan waktu.

 

“E-Learning memberikan harapan baru sebagai altematif solusi alas sebagian besar perrnasalahan pendidikan di Indonesia, dengan fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik sebagai suplemen (tambahan), komplemen (pelengkap), ataupun substitusi (pengganti) alas kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang selama ini digunakan” terang Pujiati.

Tersedianya Infrastruktur yang telah memadai di kampus Unila, sistem aplikasi moodle untuk e-Learning yang telah terintegrasi pada sistem SIAKAD memudahkan para dosen di Unila untuk memindahkan konten-konten pembelajaran ke System & Learning di web Unila. Untuk mempercepat keinginan tersebut maka pelatihan bagi para dosen unila menjadi sangat perlu untuk terus dilakukan hingga semua dosen di unila terbiasa dan telah memindahkan materi-materi pembelajaran mereka ke media e-Learning.

Sejak tahun 2003, Unila sudah memulai membangun sistem E-Learning, meskipun pada saat itu infra struktur dan fasilitas bagi mahasiswa masih sangatlah terbatas. Namun sekarang semakin baiknya infra struktur pendukung teknologi Informasi, yang dibangun di kampus Unila, semakin cepat dan luaslah penerapan pembelajaran modul e-learning oleh para dosen di selurut Fakultas. Untuk itu penguasaan keterampilan dasar untuk membuat modul E-Learning sebagai bahan ajar semakin dibutuhkaa oleh para dosen khususnya dosen muda di lingkungan Universitas lampung.


Leave a Reply

Ketua LP3M

Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si

Sekretaris LP3M

Assoc. Prof. Elida Purba, Ph.D.
Help-Desk