Unila Utus Sekretaris LP3M ikuti AUN QA di Manila

(Unila – Bandar Lampung). Universitas Lampung mengirim satu perwakilannya dalam ajang Asean university Network – Quality Assurance (AUN-QA) di salah satu hotel di Filipina selama satu minggu penuh. Diwakili oleh Elida Purba, Ph.D., Sekretaris Lembaga Pengembangan Pembelajaran Universitas Lampung (LP3M) Unila meningkatkan kualitas pendidikan yang dimiliki setelah menyandang akreditasi A Perguruan Tinggi di Indonesia.

Saat ini dunia Perguruan Tinggi berada dalam perubahan lingkungan yang sangat cepat yang menuntut terciptanya budaya kualitas sebagai inti pengembangan untuk menjaga agar tetap kompetitif dan akuntabel. Perkembangan berbasis budaya kualitas tersebut perlu menjadi landasan terutama karena adanya perubahan paradigma dari universitas sebagai kelas pengajaran (teaching) ke wahana pembelajaran (learning) yang berorientasi pada para mahasisiswa.  Universitas juga dituntut untuk mengembangkan diri menjadi produsen ilmu pengetahuan yang bergeser dari generasi pertama ke generasi kedua. Produksi pengetahuan generasi kedua ini menuntut orientasi yang berbeda yaitu lebih terbuka pada semua pengandil dan sumber pengetahuan serta menjawab kebutuhan dan fenomena perubahan di masyarakat secara komprehensif.  Dengan demikian perubahan paradigma ini juga harus diikuti oleh perubahan organisasi universitas dan proses tata kelolanya secara mendasar.

WhatsApp Image 2018-04-25 at 05.30.27

Untuk memperkuat pondasi pengembangan tersebut, Universitas Lampung melalui Elida Purba, Ph.D mengikuti pelatihan pengembangan penjaminan mutu yang diselenggarakan oleh Asean University Network – Quality Assurance (AUN-QA). Pelatihan ini berlangsug selama hampir enam hari sejak tanggal 19 hingga 25 April 2018 di Diamond Hotel, Manila, Philipina.Program ini dimaksudkan untuk para profesional yang bertanggung jawab atas Sistem Penjaminan Mutu di tingkat program dan / atau kelembagaan dari universitas-universitas di kawasan yang sebelumnya telah menyelesaikan Kursus Pelatihan AUN-QA untuk Penilaian Program yang Disempurnakan (Tingkat 1).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Help-Desk