LP3M Unila Hadiri Rapat Koordinasi FPM BKS PTN-Barat di Serang

(LP3M Unila – Serang) Forum Penjaminan Mutu Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Indonesia Bagian Barat atau FPM BKS PTN-Barat kembali melakukan konsolidasi dengan menggelar rakor pada 19-20 Februari 2019. Penyelenggara pertemuan rutin FPM BKS PTN-Barat kali ini ialah LP3M Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).

Pembukaan resmi rakor tahunan ini dilakukan pada 20 Februari 2019 bertempat di Hotel Horison Forbis Kota Cilegon. Tema besar yang diangkat pada event kali ini yakni “Internalisasi Implementasi SPMI Perguruan Tinggi”. Turut hadir Prof. Aris Junaidi, Ph.D. selaku Direktur Penjaminan Mutu Ditjen Belmawa Kemenristekdikti yang membawakan materi “Kebijakan SPMI dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Aris menjelaskan bahwa lahirnya Permenristekdikti Nomor 50 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Permenristekdikti no. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) sebagai wujud responsif pemerintah dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.

“Reorientasi kurikulum dilakukan dengan cara mengaitkan antara standar pendidikan, standar kompetensi lulusan, dan capaian pembelajaran sehingga para lulusan dapat mengembangkan potensi dirinya, sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan dan dengan begitu para lulusan PT dapat bermanfaat untuk kemashlahatan bangsa” papar Aris.

Selain Aris Junaidi, pemateri lain yang juga turut mensharing pengalamannya tentang SPMI yakni Achmad Wicaksono, Ph.D. Materi yang disampaikan oleh Achmad yakni “Outcome Base Education: Aplikasi SPMI”. (TF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Help-Desk