LP3M adakan Workshop Pengembangan Instrumen dan Evaluasi Capaian Pembelajaran

(LP3M-Bandar Lampung) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) melalui Pusat Kurikulum dan Pegembangan Pembelajaran (PKPP) menggelar kegiatan Workshop Pengembangan Instrumen dan Evaluasi Pemblajaran Berbasis Capaian Pembelajaran bagi Dosen Universitas Lampung, Jum’at (11/3/2019) pagi di Ruang Sidang Lantai 4 Gedung Rektorat Universitas Lampung.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Ketua LP3M Unila, Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si. Ia menuturkan bahwa Universitas Lampung pada tahun ini mulai beradaptasi dengan kebijakan BAN-PT yang saat ini berkonsentrasi pada capaian berbasis outcome atau lebih dikenal dengan nama Outcome Based (OB). Oleh karenanya, Unila melalui Pusat Kurikulum Pengembangan Pembelajaran dan Pusat Penjaminan Mutu akan berjalan beriringan dalam mengembangkan dan memotret mutu pendidikan yang dimiliki oleh Unila terhitung mulai bulan April 2019. Kemudian Murhadi juga menegaskan bahwa demi mencapai capaian pembelajaran berbasis OB, bentuk audit internal yang akan dilaksanakan di setiap program studi di Unila pada tahun ini juga akan diubah menyesuaikan dengan capaian pembelajaran berbasis outcome.

Pada pembukaan kegiatan Ketua Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran (PKPP) LP3M Univeritas Lampung, Dr. Pujiati, M.Pd. menjelaskan bahwa kegitan ini berlasngsung selama tiga hari yaitu pada tanggal 8, 11, dan 19 Maret 2019. Peserta pada kegiatan ini dikuti oleh 45 dosen dari kedelapan fakultas yang ada di Unila. Di akhir pertemuan pada workshop, para peserta akan ditugaskan untuk membuat prototype Instrumen dan Evaluasi Pembelajaran yang berbasis Capaian Pembelajaran sesuai dengan materi yang diperoleh pada workshop. Selama tiga hari, para peserta akan dipaparkan beragam materi evaluasi pembelajaran berbasis capaian pembelajaran oleh tiga narasumber yaitu Dr. Abdurrahman, M.Si., Dr. Undang Rosidin, M.Si., dan Dr. Lilik Sabdanintyas M.Pd. Ketiga narasumber yang dihadirkan merupakan ahli dalam bidang evaluasi pembelajaran yang dimiliki oleh Universitas Lampung.

LP3M sebelumnya telah melaksanakan kegiatan yang memfasilitasi dan mendorong para dosen mempersiapkan pembelajaran dengan mengacu kepada KKNI dan SN Dikti. Hal ini berimplikasi pada keharusan dosen menunjukkan kemampuan dalam menterjemahkan Capaian Pembelajaran Lulusan program studi (CPL) ke dalam capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK), menentukan bahan kajian yang relevan, menentukan pengalaman belajar, dan asesmen dengan mengakomodir kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang pada akhimya akan berdampak kepada mutu lulusan yang kompeten. CPMK menjadi acuan dalam melaksanakan proses pembelajaran termasuk menilai kemajuan dan keberhasilan mahasiswa dalam mencapai CPMK yang ditargetkan sebagai outcome (luaran) proses pendidikan. Berdasarkan hal tersebut dipandang perlu LP3M memfasilitasi para dosen dalam mengembangkan instrumen dan evaluasi pembelajaran berbasis capaian pembelajaran. (FAP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Help-Desk