Active Learning besutan UNILA Bulan Agustus

(Bandar Lampung – LP3M) Setiap perguruan tinggi dituntut untuk meningkatkan mutu lulusannya agar memiliki kompetensi yang mampu berkompetisi dan berpartisipasi dalam pembangunan. Dosen yang merupakan unsur civitas akademika sekaligus ujung tombak dalam pembelajaran pun harus selalu ditingkatkan kapasitasnya baik dari sisi pedagogic, professional, sosial dan kepribadian.

Berangkat atas dasar tersebut, maka Universitas Lampung melalui Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran (PKPP) yang merupakan bagian dari Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) menggelar Pelatihan pembelajaran aktif untuk perguruan tinggi bagi dosen (Active Learning for Higher Education).

Gelaran ini diadakan di lantai empat rektorat kampus setempat pada tanggal 29 Agustus – 2 September 2016. Kepala PKPP LP3M Universitas Lampung Dr, Setyorini mengatakan, digelarnya pelatihan ini mengacu kepada Undang Undang No 14 tahun 2005 pasal 1 butir 2, isinya dosen hendaknya mampu melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan ilmuwan professional. Oleh karena itu salah satu upaya yang perlu dilakukan terus menerus oleh perguruan tinggi adalah melaksanakan pelatihan pembelajaran aktif (active learning) bagi dosen.

“Pembelajaran aktif menjadi penting dalam pengembangan profesionalisme dosen karena kurikulum yang ditetapkan oleh DIKTI sejalan dengan amanat UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen,” jelasnya di sela pelatihan kepada Tribun, Senin (29/8/2019).

Pembelajaran aktif, Setyorini melanjutkan, lebih menekankan pada pendekatan pembelajaran dengan esensi mengaktifkan mahasiswa dalam pembelajaran yang dilaksanakan dengan strategi pembelajaran berbasis mahasiswa (student-centered learning). Sejalan dengan penerapan kurikulum berbasis kompetensi di perguruan tinggi, maka upaya peningkatan kualitas dosen melalui pelatihan pembelajaran aktif sangat relevan baik secara filosofis, metodologis, maupun praktis implementatif.

“Pada akhirnya, selepas pelatihan ini, dosen mampu memberikan kehidupan di kelas saat proses belajar. Dimana nantinya sumber pengetahun tidak lagi hanya berpaku kepada dosen, tapi juga mahasiswa,’ ungkap dia.

Lebih lanjut doktor pendidikan Kimia FKIP Unila mengatakan, peserta pada pelatihan belajar aktif ini adalah seluruh dosen di lingkungan Universitas Lampung yang belum pernah mendapatkan pelatihan serupa. Peserta berasal dari FKIP, FMIPA, FH, FISIP, FEB, FT, FP, dan Pascasarjana.

Sementara sebagai fasilitator dan narasumber dalam kegiatan ini adalah sosok ahli dalam bidang pembelajaran aktif. Fasilitator pelatihan pembelajaran aktif adalah Prof Dr Hasriadi Mat Akin MP, Prof Dr Bujang Rahman MSi, Prof Dr Ir Murhadi MSi, Dr Elida Purba, Dr Pujiari MPd, Dr. Feni Munifatullah, Dr Wahyu Eko Sulistiono, M.Sc, dan dan Dr. Mona Adha. Sedangkan narasumber yang mengisi pelatihan adalah Prof Dr Ir Cipta Ginting MSc, Sutikno PHd, Dr Neti Herawati MSc, Dr Undang Rosidin MPd, dan Ida Nurhaida MSi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Help-Desk