Unila gelar Workshop Penulisan Buku Ajar berbasis Hasil Research

(LP3M – Bandar Lampung) Dalam rangka meningkatkan motivasi dan kemampuan para dosen dalam menulis buku ajar, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu, (LP3M) Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Workshop Penulisan Buku Ajar berbasis Hasil Research. Kegiatan dengan tujuan meningkatkan potensi dosen tersebut berlangsung selama dua hari dari tanggal 2 sampai dengan 3 Agustus 2019 di Hotel Whiz Prime Bandar Lampung. Sebanyak 53 dosen dari delapan fakultas  hadir dan aktif mengikuti kegiatan ini. Workshop ini menghadirkan dua narasumber yaitu Prof. Efendy, M.Pd., Ph.D. dari Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si., dan Prof. Bambang Setiyadi, M.A., Ph.D dari Universitas Lampung.

Dr. Mona Adha, M.Si. Kepala Bidang Pengembangan Aktivitas Instruksional dan Inovasi Pembelajaran

Workshop Penulisan Buku Ajar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan LP3M yang berada dibawah koordinasi Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran (PKPP) khususnya Bidang Pengembangan Aktivitas Instruksional dan Inovasi Pembelajaran (PPAIIP) yang dikepalai oleh Dr. Mona Adha, M.Si. Pada Laporannya, Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan dosen/staf pengajar dalam menulis buku ajar yang berkualitas. Selain itu, workshop ini juga diharpkan mampu menghasilkan buku ajar berbasis hasil research sebagai salah satu bentuk pengintegrasian hasil penelitian hasil-hasil penelitian dosen ke dalam proses pembelajaran.

Elida Purba, Ph.D. membuka kegiatan secara resmi

Workshop Penulisan Buku Ajar Berbasis Hasil Research ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris LP3M Unila, Elida Purba, Ph.D. Dalam sambutannya Elida menyampaikan bahwa pelaksanaan penulisan buku ajar ini  merupakan salah satu upaya mempersiapkan dosen Unila untuk memperkaya diri dan menguatkan Universitas Lampung secara umum menjadi Research University. Beliau juga berharap bahwa dengan penulisan buku ajar ini bisa bersinergi dengan penelitian yang dosen kerjakan untuk memperkaya hasil penulisan buku ajar.

Prof. Efendy, M.Pd., Ph.D.
Prof. Efendy, M.Pd., Ph.D.

Di hari pertama kegiatan, Prof. Efendy, M.Pd., Ph.D. menyampaikan strategi penulisan buku ajar berbasil hasil penelitian, dan mengembangkan ide, mekanisme penyusunan, dan struktur buku ajar. Dalam penjelasan materinya, Ia menyampaikan bahwa membuat buku ajar adalah sebuah keharusan bagi seorang dosen dalam bentuk implementasi bidang kehalian ilmu yang dimiliki.

Prof. Bambang Setiyadi, M.A., Ph.D.

Pada hari kedua kegiatan, Prof. Bambang Setiyadi, M.A., Ph.D menyampaikan penyusunan draft buku ajar, motivasi penulisan buku, dan hal-hal teknis yang dosen hadapi pada saat penyusunan buku ajar. Ia menekankan bahwa seorang dosen lebih baik memiliki buku yang tidak sempurna namun diterbitkan dibandingkan membuat buku yang sempurna tapi tak pernah diterbitkan. Kesempatan workshop yang diadakan LP3M Unila ini banyak dimanfaatkan oleh dosen dengan aktif berdiskusi terkait dengan strategi dan berbagi kisah penulisan buku ajar, buku referensi dan buku bentuk lain yang telah digeluti bertahun-tahun oleh para narasumber. (PF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Help-Desk