POLINELA Gandeng LP3M Unila adakan PEKERTI

(LP3M Unila-Bandar Lampung) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung (Unila) mengadakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) bagi 30 Dosen Politeknik Negeri Lampung (POLINELA). Kegiatan tersebut merupakan kerja sama Unila  dengan POLINELA. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari terhitung tanggal 14 sampai dengan 18 Oktober 2019 bertempat di Ruang Sidang Rektorat Universitas Lampung lantai IV.

Kegiatan PEKERTI ini dibuka oleh Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan TIK Unila, Prof. Dr. Mahatma Kufepaksi, S.E., M.Sc. Ia mengatakan bahwa PEKERTI merupakan pelatihan dasar yang sangat penting diikuti oleh dosen manapun apalagi dosen yang datang bukan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Mahatma menambahkan bahwa sesuai dengan undang-undang, dosen wajib menjadi tenaga profesional dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

“Itu sebabnya mengapa dosen baru perlu mengikuti pelatihan Pekerti. Sebab, dosen akan berdiri di depan kelas. Mereka harus memiliki ilmu pengetahuan juga cara untuk mendidik mahasiswa. Dosen juga harus mengetahui bagaimana cara membimbing mahasiswa untuk melakukan riset, sekaligus mengevaluasi,” jelas Mahatma Kufepaksi, Senin, 14/10/2019.

Menurutnya, Pekerti membantu para dosen baru yang punya potensi menjadi tenaga profesional. Sebab itu, para dosen harus menjadi motivator dan mengelola kelas. “Dosen tidak menjadi satu-satunya sumber ilmu, sekarang sudah ada internet yang lebih lengkap. Sebagai dosen harus memosisikan diri sebagai motivator mahasiswa belajar seumur hidup,” ujarnya.

Pelatihan PEKERTI ini bertujuan mengembangkan profesionalisme dosen dalam merencanakan, mengembangkan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.

Panitia kegiatan menghadirkan para fasilitator dan narasumber di antaranya Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si., Prof. Dr. Murhadi, M.Si., Prof. Bambang Setiyadi, Ph.D., Prof. Dr. Agus Suyatna, M.Si., Dr. Undang Rosidin, M.Pd., Dr. Abdurrahman, M.Si., Meizano Ardhi, M.T., Dr. Pujiati, M.Pd., Dr. M. Setyarini, M.Si., Dr. Feni Munifatullah, M.Hum., serta Wahyu Eko Sulistiono, M.Sc.

Para peserta dengan mengikuti pelatihan diharapkan mampu meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan wawasan tentang prinsip-prinsip pedagogic, metodologi, dan keterampilan mengajar dosen di Perguruan Tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa, merekonstruksi perkulihan, menyusun instrumen evaluasi proses dan hasil pembelajaran, menyusun proposal PTK kemudian mengimplementasikannya, serta dapat menulis buku ajar.

Pembantu Direktur 1 POLINELA, Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si. menyampaikan bahwa pihaknya berusaha semaksimal mungkin menjadikan POLINELA sebagai kampus yang membanggakan baik di bidang pendidikan maupun bagi Provinsi Lampung.

“Saya berharap kerja sama terus terjalin sebab masalah pendidikan tidak dapat diselesaikan hanya dengan satu lembaga. Saya pun berharap para dosen yang mengikuti pelatihan dapat sungguh-sungguh sehingga mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dengan baik,” terangnya. (FP1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Help-Desk