LP3M Unila adakan MONEV Kurikulum Berbasis Capaian Pembelajaran

LP3M Unila – Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung  menyelenggarakan Laporan Kegiatan Monev Kurikulum Berbasis Capaian Pembelajaran, Kamis (24/10/2019) di Ruang siding Lt. 2 Gedung Rektorat Universitas Lampung. Workshop ini melibatkan adalah seluruh tim kurikulum yang mewakili 8 (delapan) fakultas dan 1 (satu) program pasca sarjana yaitu: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran, dan Program Pascasarjana.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum Dr. M. Setyarini, M.Si pada pukul 08.30 WIB. Setyarini menjelaskan bahwa kegiatan Monev Kurikulum Berbasis Capaian Pembelajaran ini terdiri dari dua tahap. Yang pertama adalah sosialisasi penggunanaan instrument kepada tim monitoring dan evaluasi kurikulum setiap fakultas. Yang kedua adalah kegiatan kunjungan ke program studi untuk memonitor aspek-aspek kurikulum yang ada dalam instrument. Kedua kegiatan ini memiliki total durasi total waktu satu minggu hari kerja.

LP3M Unila telah melakukan Monitoring dan Evaluasi kurikulum perguruan tinggi berorientasin KKNI dan SN Dikti di era revolusi industry 4.0 yang telah berjalan memasuki tahun ke empat. Tim monitoring dan evaluasi di setiap fakultas telah memotret kondisi setiap program studi dalam melakukan pengembangan dan pelaksanaan kurikulum. Hasil monitoring dan evaluasi yang perlu segera disamakan persepsinya termasuk unsur-unsur yang ada dalam dokumen kurikulum serta kejelasan capaian pembelajaran lulusan yang nanti akan digunakan oleh seluruh dosen dalam merumuskan rencana pembelajaran.

Monitoring dan evaluasi kurikulum dilakukan oleh tim monev oleh masing-masing fakultas di 77 program studi dari 108 program studi yang ditargetkan. Fakultas yang sudah menuntaskan proses evaluasi kurikulum adalah Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, dan Fakultas Teknik. Satu fakultas yang belum mengirimkan hasil monev program studi adalah Fakultas FEB. Berikut hasil monitoring dan evaluasi kurikulum program studi di Universitas Lampung: Fakultas Hukum 4,7%, Fakultas Pertanian 30,2%, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 18,6%, Fakultas Teknik 14%, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 12,4%, Fakultas MIPA 17,1%, Fakultas Kedokteran 2,3%, Pascasarjana 0,8%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Help-Desk