Universitas Lampung Latih 30 Dosen lewat Pelatihan PEKERTI

Bandar Lampung, LP3M Unila – Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung (Unila) mengadakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) bagi Dosen Institut Teknologi Sumatra (ITERA), di Gedung Rektorat Unila, 20 – 28 Juni 2020. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerja sama Unila dengan Itera.. Pembukaan kegiatan yang diikuti oleh 152 dosen ITERA dari berbagai program studi, dengan instruktur dari Unila tersebut dihadiri langsung Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D., dan Rektor Unila Prof. Dr. H. Karomani, M.Si.

Ketua LP3M Unila Prof. A. Saudi Samosir, S.T., M.T., dalam sambutannya mengatakan bahwa pembukaan kegiatan Pelatihan PEKERTI bagi Dosen ITERA kali ini dilakukan secara tatap muka dan daring untuk 152 peserta pelatihan. Ia juga manambahkan bahwa Pelatihan PEKERTI kali ini dilaksanakan selama lima minggu yang terbnagi menjadi lima batch. Setiap Batch diikuti oleh tiga puluh peserta selama lima hari kerja terhitung sejak tanggal 21 Juli 2020, hingga 28 Agustus 2020. Secara serius ia menyampaikan bahwa tujuan umum dari kegiatan Pekerti ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan wawasan dosen ITERA tentang prinsip-prinsip pedagogis dan keterampilan mengajar dosen di perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa.

Sementara Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan bahwa PEKERTI menadi wajib bagi Dosen ITERA agar mampu menjadi pendidik yang pintar dan mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran yang membuat mahasiswa juga pintar. Ia menambahkan bahwa ITERA telah melakukan survey kepada lebih dari lima ratus dosen dan hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan PEKERTI dibutuhkan untuk mendukung keberhasilam dalam menjalankan perkuliahan. Selain itu, pada tahun 2021 ITERA akan kembali mengikutsertakan sebanyak 280 dosen dalam kegiatan Pekerti selanjutnya.

Selanjutnya, kegiatan pembukaan Pelatihan PEKERTI dibuka secara resmi oleh Rektor Unila, Prof. Dr. H. Karomani, M.Si. Dalam sambutannya, Ia menyambut baik kerja sama yang dilaksanakan antara Unila dan ITERA. Sebab menurut Prof. Karomani, bukan saatnya antarperguruan tinggi berkompetisi tetapi yang diperlukan adalah saling berkolaobrasi. Ia berharap di era revolusi industri 4.0 dan era merdeka belajar dengan kurikulum merdeka belajar dosen dapat semakin profesional dan progresional dengan memanfaatkan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sarana belajar. Selain itu para dosen diharpakan mampu melaksanakan transfomasi pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif, meskipun di tengah pandemic Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Help-Desk