Pelatihan PEKERTI

Sejak tahun 1996 Universitas Lampung sudah melaksanakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) untuk dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang serasi dengan tuntutan masyarakat dalam pengembangannya, dan untuk meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran, serta melakukan evaluasi hasil  pembelajaran yang ditujukan untuk peningkatan kualitas yang berkelanjutan. PEKERTI menjadi penting dalam pengembangan profesionalisme dosen karena kurikulum yang ditetapkan oleh DIKTI sejalan dengan amanat UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Disebutkan bahwa, beban kerja dosen mencakup kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan proses, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian. Di samping itu melaksanakan tugas tambahan dan pengabdian kepada masyarakat. Program PEKERTI merupakan program pelatihan yang dirancang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk peningkatan kompetensi pedagogik bagi para dosen.

 

Universitas Lampung menyadari pentingnya program PEKERTI. Oleh karena itu, Rektor Universitas Lampung membuat surat edaran Rektor Nomor 1600/J.26/KP/2001  tertanggal 5 Juni 2001 tentang pelatihan PEKERTI yang dijadikan sebagai salah satu syarat pengangkatan dalam jabatan Asisten Ahli Madya/Asisten Ahli bagi dosen yunior di lingkungan Universitas Lampung.

 

Sejalan dengan diterapkannya kurikulum berbasis kompetensi di perguruan tinggi, maka upaya peningkatan kualitas dosen melalui program PEKERTI, substansi materi dan penyajiannya harus disesuaikan dengan penerapan kurikulum tersebut. Program PEKERTI, melatih tenaga pengajar untuk mempersiapkan program pembelajaran, memiliki keterampilan mengajar dan melakukan evaluasi terhadap hasil belajar. Pada mulanya program ini diperuntukkan bagi dosen yunior, meskipun demikian berdasarkan perkembangan terakhir, minat dari dosen senior untuk mengikuti program ini cukup banyak. Pada dasarnya isi program ini memang tidak menunjukkan perbedaan dosen yunior maupun senior.

Download  panduan  PEKERTI
Daftar Pelatihan PEKERTI

Leave a Reply

Help-Desk