SKP Universitas Lampung Tahun 2017

Unit pelayanan dalam survei dan kajian SKP Universitas Lampung Tahun 2017 dibedakan ke dalam dua kelompok besar unit kerja, yaitu:

(1) Kelompok unit kerja pelaksana tri darma perguruan tinggi yang terdiri dari masing-masing delapan fakultas dan satu program pascasarjana; dan

(2) Kelompok unit kerja pendukung yang terdiri dari masing-masing tiga biro, dua lembaga, tujuh unit pelaksana teknis, dan satu satuan pengawas internal.

Total unit kerja yang disurvei dan dikaji adalah 22 unit kerja di lingkungan Unila pada tahun 2017. Ke-22 Unit kerja tersebut dinilai dengan tiga belas poin kategori; Prosedur Pelayanan; Persyaratan Pelayanan; Kejelasan Petugas Pelayanan; Kedisiplinan Petugas Pelayanan; Tanggung Jawab Petugas Pelayanan; Kemampuan Petugas Pelayanan; Kecepatan Pelayanan; Keadilan Mendapatkan Pelayanan; Kesopanan dan Keramahan Petugas; Kepastian Biaya Pelayanan; Kepastian Jadwal Pelayanan; Kenyamanan Lingkungan, dan; Keamanan Pelayanan.

Berikut ini adalah rekapitulasi hasil Survey Kepuasan Pelanggan Universitas Lampung tahun 2017 berdasarkan Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) :

Mutu Pelayanan Nilai Hasil SKP 2017
SKP
A (Sangat baik) 81,26 – 100,00 74.86
B (Baik) 62,51 – 81,25
C (Kurang Baik) 43,76 – 62.50
D (Tidak Baik) 25,00 – 4.75

 

Tahun IKP IHP GAP
2015 74.33 90.11 15.79
2016 72.61 89.26 16.65
2017 74.86 89.67 14.82

 

Nilai rata-rata Indeks Harapan Pelanggan (IHP), Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP), dan rentang jarak (Gap) dari kelompok unit pelaksana pembelajaran tri darma PT (Fakultas dan Pascasarjana), masing-masing adalah: 89,31; 71.04; dan 18.27 dengan rincian dibawah ini:

Unit Kerja Maha
siswa
Dosen Tendik Alumni Total IKP IHP Gap
FH 9 4 4 4 21 77.65 81.84 4.19
FKIP 27 10 5 11 53 68.95 91.94 22.99
FEB 18 6 4 7 35 71.33 94.91 23.58
FP 18 6 4 7 35 68.17 85.30 17.13
FT 15 4 4 5 28 65.22 93.43 28.21
FMIPA 13 4 4 5 26 62.89 89.69 26.80
FISIP 19 6 4 7 36 68.05 90.88 22.83
FK 8 3 4 3 18 85.17 89.46 4.29
Pascasarjana 11 4 4 4 23 71.94 86.33 14.39
138 47 37 53 275 71.04 89.31 18.27

Tabel diatas menunjukkan nilai Kepuasn Pelanggan ada pada Fakultas Kedokteran dengan nilai IKP 85.17 sedangkan nilai IKP terendah ada pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Selanjutnya nilai rata-rata IHP, SKP, dan Gap dari kelompok unit penunjang tri darma Perguruan Tinggi (Biro, Lembaga, UPT, Badan Pengelola, dan SPI), masing masing adalah: 90.48; 77.23; dan 13.34. Oleh karna itu rata-rata nilai IHP, SKP, dan Gap Unila tahun 2017, masing-masing adalah: 89.67; 74.86 (huruf mutu B); dan 14.82 dengan nilai IKP paling tinggi diraih oleh UPT Pengembangan Kerja Sama dan Layanan Internasional (IKP=85.91) dan paling rendah pada UPT Kearsipan (IKP=72.01).

No. Unit Kerja Maha
siswa
Dosen Tendik Alumni Total IKP IHP gap
1 BUK 36 16 8 12 36 78.32 91.28 12.96
2 BAK 46 30 8 8 46 78.34 86.11 7.77
3 BPHM 23 5 14 4 23 74.94 89.43 14.49
4 LPPM 28 8 16 4 28 76.29 89.90 13.61
5 LP3M 16 0 12 4 16 78.51 95.69 17.18
6 SPI 8 0 4 4 8 78.15 90.96 12.81
7 UPT TIK 31 18 8 5 31 80.47 90.22 12.81
8 UPT LTSIT 15 6 6 3 15 78.40 92.28 13.88
9 UPT Perpus 45 28 11 6 45 74.50 91.22 16.71
10 UPT Kearsipan 8 0 4 4 8 72.01 89.88 17.87
11 UPT Bahasa 38 23 11 4 38 75.84 84.23 8.39
12 UPT PKLI 12 4 5 3 12 85.91 86.29 0.38
13 UPT PKK 18 11 4 3 18 75.40 89.68 14.28
14 BPKKN 35 24 8 3 35 75.37 91.66 16.29
15 BPU 19 8 8 3 19 74.74 89.50 14.76

Untuk mengetahui daftar lengkapnya dalam bentuk pdf, klik disini.


Ketua LP3M

Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si

Sekretaris LP3M

Assoc. Prof. Elida Purba, Ph.D.
Help-Desk