SKP UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2019

Pengumpulan data dalam survey SKP Universitas Lampung Tahun 201 9 dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan pengguna jasa secara offline dan atau online kepada tujuh kelompok unit kerja secara umum yang terdiri dari fakultas, pascasarjana, biro, lembaga, UPT, SPI, dan Badan Pengelola yang terkait dengan tingkat kepentingan layanan dan kualitas pelayanan. Kinerja diukur dari sudut pandang pelanggan pengguna layanan.

Kuesioner untuk pelayanan publik disusun berdasarkan Surat Keputusan Menpan No. KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah yang mencakup 13 indikator. Responden dalam survey SKP Unila tahun 201 9 berjumlah 1 . 660 responden, terdiri dari:
mahasiswa (650 responden), dosen (531 responden), tenaga kependidikan (158 responden), alumni (169 responden), pengguna (75 responden), abstain (10 responden), dan 37 responden tidak valid. Terdapat 658 responden laki-laki dan 992 responden perempuan yang menjawab, sedangkan sebanyak 1 0 responden tidak menjawab (abstain).

Unit pelayanan dalam survei dan kajian SKP Universitas Lampung Tahun 2018 dibedakan ke dalam dua kelompok besar unit kerja, yaitu:

(1) Kelompok unit kerja pelaksana tri darma perguruan tinggi yang terdiri dari masing-masing delapan fakultas dan satu program pascasarjana; dan

(2) Kelompok unit kerja pendukung yang terdiri dari masing-masing tiga biro, dua lembaga, tujuh unit pelaksana teknis, dua badan pelaksana, dan satu satuan pengawas internal.

Adapun unit-unit di lingkungan Unila yang disurvey terdiri yaitu adalah:

  • Delapan fakultas, yaitu: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Kedokteran serta satu Program Pascasarjana;
  • Dua lembaga, yaitu: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M);
  • Tiga biro, yaitu: Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK), Biro Umum dan Keuangan (BUK), Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM);
  • Tujuh UPT, yaitu: UPT TIK, UPT Perpustakaan, UPT Bahasa, UPT LTSIT, UPT PKLI, UPT Kearsipan, dan UPT PKK serta satu Satuan Pengawas Internal (SPI).
  • Dua Badan Pelaksana : Badan Pelaksana Mata Kuliah Umum dan Badan Pelaksana Remunerasi.

Berikut ini adalah rekapitulasi hasil Survey Kepuasan Pelanggan Universitas Lampung tahun 2018 berdasarkan Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) :

Mutu PelayananNilai Hasil SKP 2019
SKP
A (Sangat baik)81,26 – 100,0079.58
B (Baik)62,51 – 81,25
C (Kurang Baik)43,76 – 62.50
D (Tidak Baik)25,00 – 4.75
TahunIKPIHPGAP
201574.3390.1115.79
201672.6189.2616.65
201774.8689.6714.82
201877.1291.5214.4
201989.5889.379.79

Rata-rata indeks tingkat harapan pelanggan yang setara dengan IHP dan tingkat kualitas pelayanan pelanggan yang setara dengan IKP atas unit pelayanan kelompok pelaksana pembelajaran Tri Dharma Perguruan Tinggi (TDPT) di Universitas Lampung Tahun 2019 adalah sebesar 91.98 dan 78.06, sehingga mutu pelayanan tersebut masuk dalam kategori “B” atau kinerja pelayanan “baik”. Berikut adalah hasil lengkap IKP tahun 2019:

  No  Unit KerjaIndeks Harapan Pelang gan (IHP)Indeks Kepuasan Pelang- gan (IKP)Huruf Mutu IKPGap (IHP- IKP)
1Fakultas Hukum88,0476,15B11,89
2Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan89,0182,65A6,36
3Fakultas Ekonomi dan Bisnis90,5382,48A8,05
4Fakultas Pertanian93,4081,82A11,59
5Fakultas teknik90,6176,89B13,72
6Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam89,3071,73B17,57
7Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik91,6578,10B13,54
8Fakultas Kedokteran89,7976,29B13,49
9Pascasarjana90,5483,97A6,57
Rata-rata kelompok unit pelaksana TDPT90,3278,90B11,42

Sementara itu, hasil  kelompok Unit Kerja Pendukung Tri Dharma Pendidikan Tinggi Universitas Lampung tahun 2019  adalah sebagai berikut:

  N O  Unit KerjaIndeks Harapan Pelanggan (IHP)Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP)Huruf Mutu IKPGap (IHP- IKP)
1BUK90,5077,28B13,23
2BAK90,8180,68B10,13
3BPHM90,5277,65B12,87
4LPPM90,2580,94B9,30
5LP3M91,2983,64A7,65
6SPI88,2387,29A0,83
7UPT TIK91,2477,95B13,29
8UPT LTSIT90,9877,35B13,63
9UPT Perpustakaan87,7079,11B8,59
10UPT Kearsipan87,0283,01A4,01
11UPT Bahasa91,7178,27B13,44
12UPT PKLI88,6381,60A7,04
13UPT PKK87,4081,97A5,43
14BPKKN86,0579,57B6,48
15BPU83,0777,91B5,15
16BP Remunerasi86,0675,10B10,96
Rata-rata kelompok Unit Penunjang Tridarma PT88,8479,96B  8,88

Untuk mengetahui daftar lengkapnya, klik disini.

Help-Desk