Unit pelayanan dalam survei dan kajian SKP Universitas Lampung Tahun 2017 dibedakan ke dalam dua kelompok besar unit kerja, yaitu:
(1) Kelompok unit kerja pelaksana tri darma perguruan tinggi yang terdiri dari masing-masing delapan fakultas dan satu program pascasarjana; dan
(2) Kelompok unit kerja pendukung yang terdiri dari masing-masing tiga biro, dua lembaga, tujuh unit pelaksana teknis, dan satu satuan pengawas internal.
Total unit kerja yang disurvei dan dikaji adalah 22 unit kerja di lingkungan Unila pada tahun 2017. Ke-22 Unit kerja tersebut dinilai dengan tiga belas poin kategori; Prosedur Pelayanan; Persyaratan Pelayanan; Kejelasan Petugas Pelayanan; Kedisiplinan Petugas Pelayanan; Tanggung Jawab Petugas Pelayanan; Kemampuan Petugas Pelayanan; Kecepatan Pelayanan; Keadilan Mendapatkan Pelayanan; Kesopanan dan Keramahan Petugas; Kepastian Biaya Pelayanan; Kepastian Jadwal Pelayanan; Kenyamanan Lingkungan, dan; Keamanan Pelayanan.
Berikut ini adalah rekapitulasi hasil Survey Kepuasan Pelanggan Universitas Lampung tahun 2017 berdasarkan Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) :
Mutu Pelayanan | Nilai Hasil SKP 2017 | |
SKP | ||
A (Sangat baik) | 81,26 – 100,00 | 74.86 |
B (Baik) | 62,51 – 81,25 | |
C (Kurang Baik) | 43,76 – 62.50 | |
D (Tidak Baik) | 25,00 – 4.75 |
Tahun | IKP | IHP | GAP |
2015 | 74.33 | 90.11 | 15.79 |
2016 | 72.61 | 89.26 | 16.65 |
2017 | 74.86 | 89.67 | 14.82 |
Nilai rata-rata Indeks Harapan Pelanggan (IHP), Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP), dan rentang jarak (Gap) dari kelompok unit pelaksana pembelajaran tri darma PT (Fakultas dan Pascasarjana), masing-masing adalah: 89,31; 71.04; dan 18.27 dengan rincian dibawah ini:
Unit Kerja | Maha siswa |
Dosen | Tendik | Alumni | Total | IKP | IHP | Gap | |
FH | 9 | 4 | 4 | 4 | 21 | 77.65 | 81.84 | 4.19 | |
FKIP | 27 | 10 | 5 | 11 | 53 | 68.95 | 91.94 | 22.99 | |
FEB | 18 | 6 | 4 | 7 | 35 | 71.33 | 94.91 | 23.58 | |
FP | 18 | 6 | 4 | 7 | 35 | 68.17 | 85.30 | 17.13 | |
FT | 15 | 4 | 4 | 5 | 28 | 65.22 | 93.43 | 28.21 | |
FMIPA | 13 | 4 | 4 | 5 | 26 | 62.89 | 89.69 | 26.80 | |
FISIP | 19 | 6 | 4 | 7 | 36 | 68.05 | 90.88 | 22.83 | |
FK | 8 | 3 | 4 | 3 | 18 | 85.17 | 89.46 | 4.29 | |
Pascasarjana | 11 | 4 | 4 | 4 | 23 | 71.94 | 86.33 | 14.39 | |
138 | 47 | 37 | 53 | 275 | 71.04 | 89.31 | 18.27 |
Tabel diatas menunjukkan nilai Kepuasn Pelanggan ada pada Fakultas Kedokteran dengan nilai IKP 85.17 sedangkan nilai IKP terendah ada pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Selanjutnya nilai rata-rata IHP, SKP, dan Gap dari kelompok unit penunjang tri darma Perguruan Tinggi (Biro, Lembaga, UPT, Badan Pengelola, dan SPI), masing masing adalah: 90.48; 77.23; dan 13.34. Oleh karna itu rata-rata nilai IHP, SKP, dan Gap Unila tahun 2017, masing-masing adalah: 89.67; 74.86 (huruf mutu B); dan 14.82 dengan nilai IKP paling tinggi diraih oleh UPT Pengembangan Kerja Sama dan Layanan Internasional (IKP=85.91) dan paling rendah pada UPT Kearsipan (IKP=72.01).
No. | Unit Kerja | Maha siswa |
Dosen | Tendik | Alumni | Total | IKP | IHP | gap |
1 | BUK | 36 | 16 | 8 | 12 | 36 | 78.32 | 91.28 | 12.96 |
2 | BAK | 46 | 30 | 8 | 8 | 46 | 78.34 | 86.11 | 7.77 |
3 | BPHM | 23 | 5 | 14 | 4 | 23 | 74.94 | 89.43 | 14.49 |
4 | LPPM | 28 | 8 | 16 | 4 | 28 | 76.29 | 89.90 | 13.61 |
5 | LP3M | 16 | 0 | 12 | 4 | 16 | 78.51 | 95.69 | 17.18 |
6 | SPI | 8 | 0 | 4 | 4 | 8 | 78.15 | 90.96 | 12.81 |
7 | UPT TIK | 31 | 18 | 8 | 5 | 31 | 80.47 | 90.22 | 12.81 |
8 | UPT LTSIT | 15 | 6 | 6 | 3 | 15 | 78.40 | 92.28 | 13.88 |
9 | UPT Perpus | 45 | 28 | 11 | 6 | 45 | 74.50 | 91.22 | 16.71 |
10 | UPT Kearsipan | 8 | 0 | 4 | 4 | 8 | 72.01 | 89.88 | 17.87 |
11 | UPT Bahasa | 38 | 23 | 11 | 4 | 38 | 75.84 | 84.23 | 8.39 |
12 | UPT PKLI | 12 | 4 | 5 | 3 | 12 | 85.91 | 86.29 | 0.38 |
13 | UPT PKK | 18 | 11 | 4 | 3 | 18 | 75.40 | 89.68 | 14.28 |
14 | BPKKN | 35 | 24 | 8 | 3 | 35 | 75.37 | 91.66 | 16.29 |
15 | BPU | 19 | 8 | 8 | 3 | 19 | 74.74 | 89.50 | 14.76 |
Untuk mengetahui daftar lengkapnya dalam bentuk pdf, klik disini.